Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Isi Teks Proklamasi Asli Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 - Saudara-saudaraku warga Indonesia, Apakah kalian tahu atau pernah melihat Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan yang asli? jika belum, pada artikel kali ini admin akan membahas tentang Naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan versi yang asli tulisan tangan dan versi hasil mesin ketik. Namun sebelum itu admin akan menjelaskan sekilas sejarah singkatnya terlebih dahulu.

Sejarah Singkat Proses Lahirnya Teks Proklamasi Kemerdekaan

Amerika Serikat menjatuhkan bom atom diatas kota Hiroshima pada 6 Agustus 1945, sehingga mengakibatkan turunnya semangat moral tentara jepang diseluruh dunia, dan disusul pada 9 Agustus 1945 Amerika kembali menjatuhkan bom atom diatas bumi negara Jepang, namun kali ini di kota Nagasaki yang meyebabkan Jepang jadi lumpuh dan tak berdaya sehingga harus terpaksa menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya. Setelah itu pada hari berikutnya yaitu pada tanggal 10 Agustus Sutan Syahrir mendengar berita dari radio bahwa Jepang telah meyerah pada sekutu. Dengan tersebarnya berita bahwa Jepang telah menyerah pada sekutu, para pejuang bawah tanah memanfaatkan dan berinisiatif untuk memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada tangggal 16 Agustus 1945 sekitar pukul 10 pagi, presiden Soekarno dan Hatta mempersiapkan sebuah pertemuan dengan PPKI ( Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia ) untuk membahas tentang proklamasi kemerdekaan. Namun pertemuan ini tidak jadi, dikarenakan adanya peristiwa Rengasdengklok dimana presiden Soekarno dan Hatta diculik oleh para pemuda, dengan tujuan agar persiapan Proklamasi kemerdekaan tidak terganggu dan dipengaruhi oleh Jepang, dan di Rengasdengklok inilah Soekarno dan Hatta diyakinkan bahwa Jepang telah menyerah dan para pejuang sudah siap untuk berjuang sampai titik darah penghabisan.


Pembacaan naskah proklamasi oleh Ir. Soekarno

Teks Proklamasi Asli Kemerdekaan Indonesia

Teks naskah proklamasi kemerdekaan ini terbagi menjadi 2 versi yaitu sebagai berikut :

a) Teks proklamasi Klad


Naskah teks proklamasi Klad ( asli tulisan tangan )

Teks proklamasi asli ini disebut teks naskah proklamasi Klad yang merupakan tulisan tangan langsung dari Ir. Soekarno dan merupakan hasil karangan dari Drs Mohammad Hatta dan Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo yang isinya berbunyi sebagai berikut :

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoesaan d.l.l., diselenggarakandengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17 - 8 - '05    

 Wakil2 bangsa Indonesia

b) Teks proklamasi Otentik


Naskah teks proklamasi Otentik ( asli versi ketikan )

Teks naskah proklamasi Otentik masih tetap merupakan versi aslinya, namun bukan tulisan tangan tapi memindahkan atau menyalin versi tulisan tangan ke yang lebih modern pada zaman itu dengan menggunakan mesin ketik dan ada sedikit penambahan dan pengurangan kata yang tidak mempengaruhi tujuan dan makna teks proklamasi tersebut. Pengetikannya dilakukan oleh seorang tokoh pemuda yang ikut andil dalam persiapan proklamasi yaitu "Mohamad Ibnu Sayuti Melik" dari hasil gubahan Muh. Hatta, A. Soebardjo dan juga dibantu oleh pencatatnya yaitu Ir. Soekarno. Yang isinya berbunyi sebagai berikut :

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. 

Hal2 jang mengenai pemindahan kekoesaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen '05

    Atas nama bangsa Indonesia.           

Soekarno/Hatta.                      

Coba anda perhatikan tulisan teks naskah proklamasi kemerdekaan diatas, disitu tertulis tahun 05 karena pada waktu itu mengikuti tahun Jepang yaitu tahun 2605. Dengan alasan keamanan, pembacaan naskah teks proklamasi kemerdekaan ini dilakukan di rumah kediaman Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta yang sekarang ini berubah nama menjadi Jalan Proklamasi No.1 pada jam 10 pagi hari Jum'at, Soekarno dengan didampingi Moh. Hatta membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Meskipun kita tidak hidup pada zaman itu, berkat Youtube kita dapat melihat langsung dan mendengarkan pembacaan naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Itulah sekilas tentang Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, sehingga kita mengetahui sebelum dan sesudah mengalami perubahan dari yang benar-benar asli langsung dari tulisan tangan Ir. Soekarno sendiri hingga disalin kedalam versi ketik menggunakan mesin ketik. semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

Sumber referensi : 
www.wikipedia.com
torived.gadisbelia ( Android )

Inch

Inch, a unit of length commonly used in the US, UK, and Canada, is defined as 1/12th of a foot or 2.54 centimeters. The term "inch" is believed to have originated from the Latin word "uncia" meaning "one-twelfth," as it was historically defined as the width of an adult thumb. Today, the inch is widely used in various fields, including construction, engineering, and manufacturing.

Inches are often used to measure small distances, while their conversion to the metric system (cm) makes them more universally applicable. At inchesincm.com, we provide a simple and accurate way to convert inches to cm and vice versa. Our user-friendly tools and guides make it easy for everyone to use the inch unit effectively, no matter their industry or background.

In summary, the inch is a widely used unit of length that has evolved over time and continues to play an important role in modern society. At inchesincm.com, we strive to provide the best tools and resources to help you easily convert inches to cm and use this important unit to your advantage.

Centimeter

A centimeter is a metric unit of length that is equal to one-hundredth of a meter or 0.3937 inches. It is commonly used in the fields of science, engineering, and medicine, as well as in everyday life.

The term "centimeter" is derived from the Latin word "centum," meaning "one hundred," and "meter," which refers to the base unit of length in the metric system. The centimeter is used in many countries around the world as the standard unit of length.

At inchesincm.com, we provide a simple and accurate way to convert inches to cm and vice versa. Our tools and guides make it easy for everyone to use the centimeter unit effectively, no matter their industry or background.

In summary, the centimeter is a widely used metric unit of length that plays a crucial role in various fields. At inchesincm.com, we strive to provide the best tools and resources to help you easily convert inches to cm and make the most of this important unit.