Bab 6 Perubahan Benda SD Kelas 6 Semester 1

Materi Bab 6 Perubahan Benda SD Kelas 6 Semester 1 ini dari buku senang belajar Ilmu Pengetahuan Alam terbitan Kemdiknas/Kemendikbud dan kemudian di gabung dan di susun dari sumber lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut dibawah ini daftar isi materinya :




A. Faktor-faktor Penyebab Perubahan Benda


Faktor-faktor yang mempengaruhi Perubahan benda diantaranya yaitu : waktu, suhu, kelembaban (kandungan air di udara) dan kuman/makhluk hidup dan pembakaran


1. Jenis-jenis Perubahan Benda



source : pixabay

Perubahan benda karena faktor panas di kelompokkan menjadi 2 yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia


1.1. Perubahan Fisika

Perubahan fisika adalah merupakan perubahan wujud suatu benda yang tidak disertai dengan perubahan sifat benda. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa perubahan yang terjadi hanya bersifat sementara dan dapat kembali ke bentuk semula. Contoh perubahan fisik adalah pada es yang mencair. Es yang sudah mencair dapat dibentuk kembali dengan cara didinginkan lagi. Selain es yang mencair contoh lain dari perubahan fisika adalah logam besi yang dipanaskan akan bertambah panjang karena terjadi pemuaian. Memuai adalah perubahan ukuran benda yang menjadi lebih besar/ panjang karena benda tersebut dipanaskan. Sedangkan lawan dari pemuaian adalah menyusut yang mana menyusut adalah perubahan ukuran suatu benda yang menjadi lebih kecil/ pendek.


Ciri-ciri Perubahan Fisika :
  • Perubahan zat hanya terjadi pada wujudnya, tetapi tidak pada sifatnya
  • Zat hasil perubahan fisika dapat dikembalikan ke bentuk semula
  • Sifat zat yang dimiliki sebelum dan sesudah perubahan sama

Contoh :
  • Es yang sudah mencair dapat dibentuk kembali dengan cara didinginkan lagi.
  • Air jadi uap ketika dipanaskan
  • Lilin yang meleleh ketika dipanaskan
  • Es krim yang mencair
  • Aluminium dibuat jadi peralatan makan (garpu atau sendok)
  • Tanah liat yang diubah jadi genteng atau batu bata
  • Biji kopi digiling jadi serbuk kopi
  • Gula dilarutkan jadi air gula

1.2. Perubahan Kimia

Perubahan kimia adalah perubahan wujud benda yang disertai dengan perubahan sifat dari benda. Dengan demikian wujud benda tidak bisa kembali ke wujud yang semula dan bersifat tetap, berbeda dengan perubahan fisika yang dapat kembali ke wujud yang semula. Sebagai contoh perubahan kimia adalah plastik yang dibakar. Contoh lain perubahan kimia adalah kayu yang dibakar akan berubah wujud menjadi arang dan gas.


Ciri-ciri Perubahan Kimia :
  • Terjadi perubahan susunan molekul
  • Terbentuk zat baru dengan sifat zat yang berbeda dengan sifat penyusunnya
  • Perubahan zat bersifat irreversibel (tidak dapat kembali ke bentuk semula)

Contoh :
  • Kayu yang dibakar jadi arang
  • Gula yang di larutkan ke dalam air
  • Kertas yang di bakar menjadi abu
  • Daun yang menguning dan berubah menjadi berwarna kecoklatan
  • Kedelai yang di olah menjadi tahu atau tempe
  • Nasi menjadi basi
  • Singkong difermentasi jadi tape

2. Pelapukan, Perkaratan, Pembusukan

2.1. Pelapukan



source : buku ipa kelas 6

Pelapukan adalah proses yang berhubungan dengan penghancuran bahan, baik berasal dari makhluk hidup maupun makhluk tak hidup. Waktu yang diperlukan untuk proses pelapukan sangat lama.


Pelapukan dibedakan menjadi 2 jenis yaitu pelapukan biologis dan pelapukan mekanis.
  1. Pelapukan biologis disebabkan oleh aktifitas organisme, yaitu jamur dan jasad renik lainnya. Contohnya kayu yang pada awalnya keras, lama lama akan menjadi hancur dimakan rayap.
  2. Pelapukan mekanis disebabkan oleh suhu, tekanan, angin, dan air. Contohnya adalah pelapukan batu karena air, perubahan suhu, dan tekanan.

2.2. Perkaratan



source : buku ipa kelas 6

Perkaratan adalah proses pembentukan lapisan merah (kekuning kuningan) yang melekat pada lapisan logam besi sebagai akibat proses kimia. Perkaratan terjadi karena logam bereaksi dengan air dan gas oksigen. Perkaratan dapat dicegah dengan mengecat logam.


2.3. Pembusukan



Pembusukan adalah proses perubahan benda yang berasal dari makhluk hidup akibat bakteri atau jamur sehingga rusak dan berbau. Contoh pembusukan adalah pada buah dan makanan. Ciri ciri makanan yang sudah busuk biasanya mengalami perubahan warna, bau, dan rasa. Pembusukan dapat dicegah dengan cara:

  • menyimpan makanan pada kulkas
  • pemberian bahan pengawet seperti gula dan garam.
  • mengeringkan makanan

Bab 6 Perubahan Benda SD Kelas 6 Semester 1
Definisi
  • Mencair (melebur), adalah perubahan wujud zat padat menjadi zat cair
  • Membeku, adalah perubahan wujud zat cair menjadi zat padat
  • Menguap, adalah perubahan wujud dari zat cair menjadi gas
  • Memuai, perubahan ukuran benda yang menjadi lebih besar / panjang
  • menyusut adalah perubahan ukuran suatu benda yang menjadi lebih kecil / pendek
  • Mengembun, adalah perubahan wujud dari gas menjadi zat cair
  • Mengkristal (deposisi), adalah perubahan wujud dari gas menjadi zat padat
  • Menyublim, adalah perubahan wujud dari zat padat menjadi gas

B. Pemilihan Benda dan Fungsinya

Semua benda yang ada di lingkunganmu dapat digolongkan ke dalam bahan umum penyusun benda. Contohnya ada benda yang terbuat dari karet, logam, kayu, plastik, dan kaca.



source : pixabay

1. Karet

Contoh pemanfaatan karet adalah untuk pembuatan ban kendaraan bermotor (Gambar 6.8), hak sepatu, dan balon. Karet digunakan untuk bahan-bahan tersebut karena sifat karet yang mudah dibentuk, dapat direnggangkan, kenyal, dan lentur. Seandainya ban mobilmu terbuat dari kayu, kamu pasti tidak akan merasa nyaman saat mengendarainya.


2. Logam

Logam memiliki sifat-sifat yang dapat dimanfaatkan, di antaranya, bersifat padat, mengilap, dapat ditempa, memiliki titik leleh tinggi, sebagai penghantar listrik serta panas, dan dapat membentuk paduan logam.


Oleh karena itu, pemanfaatan logam dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak dan beragam. Benda-benda yang menggunakan logam, di antaranya, setrika, kabel, rangka mobil, pisau, dan pagar rumah.


3. Kayu

Kayu dalam kehidupan sehari-hari banyak dimanfaatkan untuk pembuatan meja, kursi, lemari, dan berbagai barang kerajinan. Penggunaan kayu untuk pembuatan barang tersebut karena mudah dibentuk, keras, memberikan tampilan warna yang alami, dan ringan.


4. Plastik

Plastik, untuk saat ini, merupakan bahan yang paling banyak digunakan karena sifatnya yang mudah dibentuk. Selain itu, jenis-jenis plastik sangat beragam dengan sifat-sifat yang berbeda-beda sehingga dapat dibentuk berbagai macam benda, seperti mainan, alat rumah tangga, dan peralatan kantor


5. Kaca

Kaca adalah benda keras dan biasanya bening sehingga kaca banyak dimanfaatkan untuk cermin, kaca rumah, dan kaca mobil. Selain itu, terdapat sifat yang merugikan dari penggunaan kaca ini, yaitu mudah pecah sehingga penggunaan benda-benda yang terbuat dari kaca harus hati-hati.

Inch

Inch, a unit of length commonly used in the US, UK, and Canada, is defined as 1/12th of a foot or 2.54 centimeters. The term "inch" is believed to have originated from the Latin word "uncia" meaning "one-twelfth," as it was historically defined as the width of an adult thumb. Today, the inch is widely used in various fields, including construction, engineering, and manufacturing.

Inches are often used to measure small distances, while their conversion to the metric system (cm) makes them more universally applicable. At inchesincm.com, we provide a simple and accurate way to convert inches to cm and vice versa. Our user-friendly tools and guides make it easy for everyone to use the inch unit effectively, no matter their industry or background.

In summary, the inch is a widely used unit of length that has evolved over time and continues to play an important role in modern society. At inchesincm.com, we strive to provide the best tools and resources to help you easily convert inches to cm and use this important unit to your advantage.

Centimeter

A centimeter is a metric unit of length that is equal to one-hundredth of a meter or 0.3937 inches. It is commonly used in the fields of science, engineering, and medicine, as well as in everyday life.

The term "centimeter" is derived from the Latin word "centum," meaning "one hundred," and "meter," which refers to the base unit of length in the metric system. The centimeter is used in many countries around the world as the standard unit of length.

At inchesincm.com, we provide a simple and accurate way to convert inches to cm and vice versa. Our tools and guides make it easy for everyone to use the centimeter unit effectively, no matter their industry or background.

In summary, the centimeter is a widely used metric unit of length that plays a crucial role in various fields. At inchesincm.com, we strive to provide the best tools and resources to help you easily convert inches to cm and make the most of this important unit.